|
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA
PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO
Memperbaiki/Reparasi Televisi

|
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL2005 |

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA
PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO
Memperbaiki/Reparasi Televisi
Tim Penyusun:
1. Drs. Asrul Sani
2. Drs. Bambang Muhadi
3. Raharjo
4. Drs. I Komang Sumardika
5. Achjar Chalil, S.Pd
Tim Fasilitator:
1. Toni Karja Saputra, S.Pd
2. Akhmad Rofiq, ST
3. Drs. Batahan Harahap, S.ST
|
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL2005 |
KATA PENGANTAR

Pada setiap pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan tentu diperlukan media yag sesuai dan tepat. Dari beberapa media yang dapat digunakan adalah berupa modul. Modul selain dipakai sebagai sumber belajar bagi siswa juga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan tertentu. Untuk sekolah menengah kejuruan, modul merupakan media informasi yang dirasakan efektif, karena isinya yang singkat, padat informasi dan mudah dipahami bagi peserta belajar, sehingga proses pembelajaran yang tepat guna akan dapat dicapai.
Dalam modul ini akan dipelajari dasar-dasar cara kerja televisi, gejala-gejala kerusakan, melakukan reparasi televisi dan antena TV serta cara membuat laporan perbaikan reparasi. Materi modul yang dipelajari terkait dengan modul-modul lain tentang trouble shooting elektronika dan alat ukur untuk keperluan pengukuran/penyajian yang harus dikuasai sebelumnya.
Semoga materi ini dapat memberikan kontribusi yang cukup baik dalam memenuhi kompetensi yang diperlukan dalam kurikulum dalam edisi 2004. Akhirnya penyusun menghargai saran dan kritik pada semua pihak yang menggunakan bahan ajar modul SMK.
Bogor, Juni 2005
Penyusun
Drs. Asrul Sani
NIP. 131 634 862

Kata Pengantar..............................................................................................i
Daftar Isi.......................................................................................................ii
Peta Kedudukan Modul................................................................................iv
Daftar Judul Modul.......................................................................................v
Mekanisme Pemelajaran....………………………….……………................................vi
Glossary...……………………………………………………………......................................vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Deskripsi………………………………………………………………………………....................1
B. Prasyarat ………………………………………………………………………………........ ..........1
C. Petunjuk Penggunaan Modul……………………………………………………..................1
D. Tujuan Akhir …………………………………………………………………………..................2
E. Kompetensi……………………………………………………………………………..................3
F. Cek Kemampuan ……………………………………………………………………........ ..........7
BAB II PEMELAJARAN
A. Rencana Belajar Peserta Diklat ………………………………………..….......................8
B. Kegiatan Belajar ……………………………………………………………….........…............9
Kegiatan Belajar 1: Mempelajari Diagram Blok TV ………….………………...9
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran………………………………………….......................9
b. Uraian Materi ……………………………………………........……………….................. 9
c. Rangkuman …………………………………………………………….................. ........20
d. Tugas ……………………………………………………………………...........................21
e. Tes Formatif ………………..…………………………………………..........................22
f. Kunci Jawaban………………………………………………………………....................22
g. Lembar Kerja ………………………………………………………………......................24
Kegiatan Belajar 2: Mengamati Gejala Kerusakan TV……………............27
- Tujuan Kegiatan Pemelajaran …………………………………...........................27
- Uraian Materi …………………………………………………………...........................27
- Rangkuman ……………………………………………………………...........................49
- Tugas ……………………………………………………………………...........................49
- Tes Formatif …………………………………………………………….........................49
- Kunci Jawaban ……………………………………………………….........................50
- Lembar Kerja …………………………………………………………...........................51
Kegiatan Belajar 3: Prosedur Mencari Kerusakan TV.................. ........53
- Tujuan Kegiatan Pemelajaran………………………………….............................53
- Uraian Materi..……………………………………………………………….....................53
- Rangkuman ………………………………………………………………….....................63
- Tugas ………………………………………………………………………….....................63
- Tes Formatif ……………………………………………………………….....................63
- Kunci Jawaban ……………………………………………………………......................64
- Lembar Kerja ………………………………………………………………......................65
BAB III EVALUASI
A. Test Tertulis …………………………………………………………………………......... ........67
B. Test Praktek ………………………………………………………………………….................68
C. Kunci Jawaban.................................................................................. ........70
D. Lembar Penilaian Test Praktek...………………………………………………........ ........74
BAB IV PENUTUP..…………………………………………………………………………...........77
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………...... ........78
PETA KEDUDUKAN MODUL

![]() |
DAFTAR JUDUL MODUL

NO | KODE MODUL | JUDUL MODUL |
1 | ELKA-MR.UM.001 A | Menguasai Teori Dasar Elektronika |
2 | ELKA-MR.UM.005.A | Menggunakan Alat Ukur Untuk Keperluan Pengukuran/Pengujian. |
3 | ELKA-MR.UM.002 A | Membaca dan Mengidentifikasi Komponen Elektronika. |
4 | ELKA-MR.UM.003 A | Menguasai Elektronika dan terapan |
5 | A | Mengoperasikan Peralatan Audio & Video |
6 | ELKA-MR.UM.004 A | Menguasai Dasar Elektronika Digital dan Komputer. |
7 | ELKA-MR.UM.007.A | Ketrampilan Dasar Perbengkelan |
8 | B | Merawat Peralatan Audio & Video |
9 | C | Menginstalasi Peralatan Audio & Video |
10 | D | Menerapkan Sistem Audio & Video |
11 | ELKA-MR.UM.006.A | Melakukan Trouble Shooting Elektronika |
12 | ELKA-MR.PS.001.A | Memperbaiki/ Reparasi Power Supply Kecil (Adaptor Dinding). |
13 | ELKA-MR.PS.002.A | Mereparasi Power Supply Pada Produk Elektronika. |
14 | ELKA-MR.AMP.003.A | Memperbaiki/ Reparasi Amplifier (Sistem Penguat Suara). |
15 | ELKA-MR.AM.004.A | Memperbaiki/ Reparasi Radio |
16 | ELKA-MR.TAP.005.A | Memperbaiki/ Reparasi Tape Recorder |
17 | ELKA-MR.TV.006.A | Memperbaiki/ Reparasi Televisi |
18 | ELKA-MR.CD.007.A | Memperbaiki/ Reparasi VCD/ DVD |
19 | ELKA-MR.PIL.002.A | Mereparasi Monitor Komputer |
20 | ELKA-MR.PIL.003.A | Mereparasi Remote Control |
21 | ELKA.MR-PIL.005.A | Mereparasi CD Player |
22 | E | Memperbaiki Kerusakan Atau Gangguan Peralatan Elektronik Game Komersial. |
MEKANISME PEMELAJARAN

Untuk mencapai penguasaan modul ini dilakukan melalui diagram alur mekanisme pemelajaran sebagai berikut:

GLOSSARY

ISTILAH | KETERANGAN |
ACC | Automatic Color Control (Pengatur warna otomatis). |
AFT | Automatic Fine Tuning (Pengatur frekuensi otomatis). |
AGC | Automatic Gain Control (Pengatur penguatan otomatis). |
Band Pass | Adalah rangkaian pelewat jalur warna |
Chromynance | Adalah sinyal warna |
Color Splitter | Adalah rangkaian pembelah warna |
CRT | Catode Ray Tube (Katoda tabung gambar TV). |
Demodulasi | Adalah pengambilan sinyal modulasi |
Kompatibilitas | Adalah kemampuan TV warna dan TV hitam-putih dalam mereproduksi sinyal gambar warna ataupun hitam-putih. |
Lumynance | Adalah sinyal kecerahan yang dipancarkan pemancar TV warna. |
Modulasi | Adalah proses pembawaan suatu sinyal |
NTSC, PAL, SECAM | Adalah macam-macam system penyiaran sinyal TV. |
Sinyal U | Adalah sinyal selisih warna biru yang sudah dilemahkan. |
Sinyal V | Adalah sinyal selisih warna merah yang sudah dilemahkan. |
Syncronisasi | Adalah penyamaan sinyal yang diterima dengan yang dipancarkan. |
Trafo Flyback | Adalah trafo yang mampu menghasilkan tegangan 10 s/d 30 KV. |
BAB I
PENDAHULUAN

A. Deskripsi
Dalam modul ini Anda akan mempelajari dasar-dasar televisi dan cara memperbaikinya dengan melihat gejala kerusakan yang ditemukan. Ada 3 kegiatan belajar didalamnya yang mencakup Diagram blok penerima TV, Klasifikasi gejala kerusakan dan Prosedur reparasi. Dengan menguasai ketiga materi kegiatan belajar diatas, diharapkan peserta diklat mampu memperbaiki televisi sesuai prosedur yang seharusnya.
B. Prasyarat
Untuk melaksanakan modul Memperbaiki/Reparasi Televisi memerlukan kemampuan awal yang harus dimiliki peserta diklat, yaitu:
1. Peserta diklat telah menguasai komponen elektronika
2. Peserta diklat sudah memahami alat-alat ukur elektronika
3. Peserta diklat telah dapat melakukan trouble shooting elektronika
C. Petunjuk Penggunaan Modul
1. Pelajari daftar isi serta peta kedudukan modul dengan cermat dan teliti
2. Kerjakan soal cek kemampuan untuk mengukur sampai sejauh mana pengetahuan yang telah Anda miliki
3. Bacalah dengan cermat uraian informasi pada masing-masing kegiatan belajar
4. Kerjakan tugas, soal tes formatif dan soal evaluasi dengan benar
5. Cermati setiap kebutuhan alat dan bahan yang diperlukan
6. Perhatikan keselamatan dan kesehatan kerja dalam kerja di bengkel.
7. Kembalikan semua peralatan praktek yang digunakan
8. Untuk menambah pengetahuan bacalah referensi lainnya yang berhubungan dengan modul ini.
D. Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini diharapkan peserta diklat dapat:
1. Menggambarkan Diagram blok dan memahami prinsip kerja dari rangkaian penerima TV
2. Memperbaiki televisi sesuai prosedur reparasi yang sudah ditentukan
E. Kompetensi
PROGRAM DIKLAT : Memperbaiki/ Reparasi Televisi
KODE : ELKA-MR.TV.006.A
ALOKASI WAKTU : 200 Jam @ 45 menit
LEVEL KUNCI KOMPETENSI | A | B | C | D | E | F | G |
2 | 3 | 3 | 2 | 2 | 3 | 3 |
KONDISI KERJA | Unit kompetensi ini berlaku untuk perbaikan baik yang dilakukan di pusat perbaikan (service center) televisi maupun bengkel-bengkel service televisi. 1. Schematic Diagram/ buku service manual yang berlaku sesuai dengan merek tipe masing-masing televisi. 2. Peralatan dan bahan yang dipergunakan: Peralatan umum perbaikan elektronika televisi meliputi: Toolkit, Patter Generator, Osiloskop, Sweep Generator, Marker Generator, Vectorscope. Bahan: kabel, timah solder, komponen elektronik dan bagian mekanik |
SUB KOMPETENSI | KRITERIA KINERJA | LINGKUP BELAJAR | MATERI POKOK PEMELAJARAN | ||
SIKAP | PENGETAHUAN | KETRAMPILAN | |||
1. Mempersiapkan Pekerjaan Perbaikan / reparasi | § Spesifikasi dan cara kerja televisi dikuasai lebih dulu. § Kebutuhan peralatan kerja mekanis dan alat ukur listrik serta bahan reparasi dipersiapkan dan diidentifikasi apakah sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure). § Tempat kerja dipersiapkan dan dibebaskan dari kemungkinan bahaya kecelakaan. § Perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja digunakan secara benar serta langkah pengamanan dilakukan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Teliti dalam mempersiapkan dan mengidentifikasi kebutuhan peralatan kerja mekanis dan alat ukur listrik serta bahan reparasi sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure). § Mempersiapkan tempat kerja yang bebas dari kemungkinan bahaya kecelakaan. § Menggunakan perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja secara benar serta langkah pengamanan dilakukan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan. | § Spesifikasi dan Cara Kerja. § Keselamatan dan Kesehatan Kerja. | § Mempersiapkan dan mengidentifikasi kebutuhan peralatan kerja mekanis dan alat ukur listrik serta bahan reparasi sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure). § Mempersiapkan tempat kerja yang bebas dari kemungkinan bahaya kecelakaan. § Menggunakan perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja secara benar serta langkah pengamanan dilakukan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan. |
2. Mengamati Gejala Kerusakan | § Televisi dioperasikan untuk diamati gejala kerusakan yang timbul dengan melakukan pengamatan pada kontrol-kontrol : Tombol Power, Tombol Pengatur Volume, Tombol Pengatur Kecerahan, Tombol Kontras, Tombol Warna, Tombol Pemilih Saluran, Antena dan Fasilitas-fasilitas lain. § Dilakukan identifikasi terhadap gejala-gejala yang timbul sesuai dengan fungsinya. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan gejala kerusakan melalui tombol kontrol : Tombol Power, Tombol Volume, Tombol Pengatur Kecerahan, Tombol Kontras, Tombol Warna, Tombol Pemilih Saluran, Antena dan Fasilitas-fasilitas lain. § Identifikasi gejala kerusakan. | § Gejala Kerusakan Televisi. | § Mengamati gejala kerusakan melalui tombol-tombol : Tombol Power, Tombol Volume, Tombol Pengatur Kecerahan, Tombol Kontras, Tombol Warna, Tombol Pemilih Saluran, Antena dan Fasilitas-fasilitas lain. § Mengidentifikasi gejala kerusakan. |
3. Mengalokasi Kerusakan | § Berdasar pada gejala kerusakan yang timbul lalu diklasifikasikan jenis kerusakannya yang dapat berupa: § Kerusakan pada komponen Masalah koneksitas pada PCB atau kabel. § Masalah pada bagian mekanik. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Teliti dalam mengklasifikasi gejala kerusakan yang timbul lalu berdasarkan jenis kerusakannya berupa : Kerusakan pada komponen. Masalah koneksitas pada PCB atau kabel. Masalah pada bagian mekanik. § Melakukan pengalokasian kerusakan pada rangkaian, blok rangkaian, bagian mekaniknya. § Melakukan pemeriksaan sesuai prosedur buku petunjuk servis (service manual) pada titik-titik pengukuran untuk dapat mencari kerusakannya. § Melakukan pengukuran dengan mengamati tegangan, bentuk pulsa pada titik pengukuran yang sudah ditetapkan dengan alat ukur misalnya : Multitester, Osiloskop, Pattern Generator, Sweep Generator, Marker Generator, Vectorscope | § Lokasi Kerusakan | § Mengklasifikasi gejala kerusakan yang timbul lalu berdasarkan jenis kerusakannya berupa : Kerusakan pada komponen. Masalah koneksitas pada PCB atau kabel. Masalah pada bagian mekaniknya. § Melakukan pengalokasian kerusakan pada rangkaian, blok rangkaian, bagian mekaniknya. § Melakukan pemeriksaan sesuai prosedur buku petunjuk servis (service manual) pada titik pengukuran untuk dapat mencari kerusakannya. § Melakukan pengukuran dengan mengamati tegangan, bentuk pulsa pada titik pengukuran yang sudah ditetapkan dengan alat ukur misalnya : Multitester, Pattern Generator, Sweep Generator, Marker Generator, Vectorscope |
4. Melakukan Analisa Hasil Pengukuran | § Dengan mengacu pada skema rangkaian serta buku service manual hasil-hasil pengukuran dianalisa. § Dari hasil analisa lalu didiagnose jenis kerusakan secara benar. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Teliti dalam melakukan analisa pengukuran mengacu pada skema rangkaian serta buku service manual hasil-hasil pengukuran. § Melakukan didiagnose jenis kerusakan secara benar. | § Analiasa Hasil Pengukuran | § Melakukan analisa pengukuran mengacu pada skema rangkaian serta buku service manual hasil-hasil pengukuran. § Melakukan didiagnose jenis kerusakan secara benar. |
5. Melakukan Perbaikan/ Reparasi | § Sesuai jenis kerusakannya perbaikan dapat dikerjakan dengan pergantian komponen, repair/ penggantian bagian mekanik atau dengan perbaikan solder, adjustment/ setting ulang. § Perbaikan dapat pula dikerjakan dengan hanya pembersihan pada jalur-jalur rangkaian, konektor-konektor atau bagian mekanik bila tidak perlu dilakukan penggantian komponen. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Cermat dalam melakukan perbaikan sesuai jenis kerusakannya dikerjakan dengan pergantian komponen, repair/ penggantian bagian mekanik atau dengan perbaikan solder, adjustment/ setting ulang. § Melakukan pembersihan pada jalur-jalur rangkaian, konektor-konektor atau bagian mekanik bila tidak perlu dilakukan penggantian komponen. | § Teknik Reparasi | § Melakukan perbaikan sesuai jenis kerusakannya dikerjakan dengan pergantian komponen, repair/ bagian mekanik atau dengan solder, adjustment/ setting ulang. § Melakukan pembersihan pada jalur-jalur rangkaian, konektor-konektor atau bagian mekanik bila tidak perlu dilakukan penggantian komponen. |
6. Menguji Hasil Perbaikan/ Reparasi | § Hasil perbaikan atau pergantian komponen diuji dengan running test untuk mengamati aktivasi kerja sistemnya. § Dilakukan tindakan korektif jika pekerjaan running test tidak berjalan dalam kondisi normal. § Untuk memastikan kerusakan yang ditemukan bukan diakibatkan oleh bagian atau komponen lain sehingga dapat dihindari kerusakan yang sama berulang, maka perlu dilakukan analisa lanjutan. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Teliti dalam melakukan pengujian hasil perbaikan atau pergantian komponen diuji dengan running test untuk mengamati aktivasi kerja sistemnya. § Melakukan tindakan korektif jika pekerjaan running test tidak berjalan dalam kondisi normal. § Melakukan analisa lanjutan. | § Pengujian Hasil Perbaikan | § Melakukan pengujian hasil perbaikan atau pergantian komponen diuji dengan running test untuk mengamati aktivasi kerja sistemnya. § Melakukan tindakan korektif jika pekerjaan running test tidak berjalan dalam kondisi normal. § Melakukan analisa lanjutan. |
7. Memperbaiki Antena TV | § Diterangkan tentang segmen utama dari sinyal TV Cable dan level ideal bagi pelanggan. § Digambarkan konstruksi antenna TV, jenisnya, gain, pola radiasi dan karakteristik frekuensinya. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan gejala kerusakan melalui tombol kontrol : Tombol Power, Tombol Volume, Tombol Pengatur Kecerahan, Tombol Kontras, Tombol Warna, Tombol Pemilih Saluran, Antena dan Fasilitas-fasilitas lain. § Identifikasi gejala kerusakan. | § Gejala Kerusakan Televisi. | § Mengamati gejala kerusakan melalui tombol-tombol : Tombol Power, Tombol Volume, Tombol Pengatur Kecerahan, Tombol Kontras, Tombol Warna, Tombol Pemilih Saluran, Antena dan Fasilitas-fasilitas lain. § Mengidentifikasi gejala kerusakan. |
8. Membuat Laporan Perbaikan | § Setiap selesai dilakukan perbaikan atau penggantian komponen, perlu dibuatkan laporan berupa service check list. § Pada laporan supaya dituliskan komponen, bagian mekanik yang telah dilakukan perbaikan/ penggantian. § Setiap selesai kegiatan perbaikan dibuatkan riwayat perbaikan pada history card. | § Perbaikan Pesawat Televisi | § Teliti dalam membuat laporan service check list. § Membuat riwayat perbaikan pada history card. | § Teknik Pelaporan Perbaikan/ Reparasi | § Membuat laporan service check list. § Membuat riwayat perbaikan pada history card. |
F. Cek Kemampuan
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan cara cek list (V) untuk mengetahui kemampuan awal kompetensi siswa.
NO | PERTANYAAN | YA | TIDAK |
1 | Apakah anda dapat menyebutkan blok penerima TV Hitam-Putih. | ||
2 | Apakah anda dapat menjelaskan perbedaan antara blok penerima TV Hitam-Putih dan TV Berwarna. | ||
3 | Apakah anda dapat menggambarkan diagram blok penerima TV Berwarna. | ||
4 | Apakah anda sudah bisa menggunakan Pattern Generator, Osciloscope dan Multimeter. | ||
5 | Apakah anda sudah mengetahui fungsi tombol-tombol yang ada pada pesawat TV. | ||
6 | Apakah anda sudah bisa memasang antenna dan booster TV. | ||
7 | Apakah anda sudah mengetahui kerusakan umum pada pesawat TV. | ||
8 | Apakah anda sudah memahami rusak tidaknya suatu komponen TV. | ||
9 | Apakah anda mempunyai buku skema rangkaian TV. | ||
10 | Apakah anda bisa menggunakan komputer untuk membuat laporan perbaikan/ reparasi TV. |
BAB II
PEMELAJARAN

A. Rencana Belajar Peserta Diklat
Kompetensi : Memperbaiki/ Reparasi Televisi
Sub Kompetensi : 1. Mempersiapkan pekerjaan perbaikan/ reparasi
2. Mengamati gejala kerusakan
3. Mengalokasi kerusakan
4. Melakukan analisa hasil pengukuran
5. Melakukan perbaikan/ reparasi
6. Menguji hasil perbaikan/ reparasi
7. Memperbaiki antenna TV
8. Membuat laporan perbaikan
Jenis Kegiatan | Tgl | Waktu | Tempat Belajar | Alasan Perubahan | Tanda Tangan Guru |
1. Mempelajari diagram blok TV Color dan TV Black and White. | Sekolah | ||||
2. Mengerjakan tugas kelompok. | Sekolah dan rumah | ||||
3. Menjawab soal test formatif | Sekolah | ||||
4. Melakukan analisa hasil pengukuran lembar kerja 1. | Sekolah | ||||
5. Memahami rangkaian TV Berwana dan TV Hitam-Putih. | Sekolah | ||||
6. Mengamati gejala kerusakan pesawat TV. | Sekolah | ||||
7. Mengerjakan tugas kelompok. | Sekolah dan rumah | ||||
8. Menjawab soal test formatif | Sekolah | ||||
9. Melaksanakan praktek lembaran kerja 2. | Sekolah | ||||
10.Mempelajari prosedur pencarian kerusakan. | Sekolah | ||||
11.Mengerjakan tugas kelompok. | Sekolah dan rumah | ||||
12.Menjawab soal test formatif. | Sekolah | ||||
13.Melaksanakan praktek lembar kerja 3. | Sekolah | ||||
14.Mengadakan evaluasi test tertulis. | Sekolah | ||||
15.Melakukan evaluasi test praktek. | Sekolah |
B. Kegiatan Belajar
Kegiatan Belajar 1: Mempelajari Diagram TV
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar 1, diharapkan peserta diklat dapat:
1. Menggambarkan diagram blok penerima TV Hitam-Putih dan TV Berwarna
2. Menjelaskan prinsip kerja penerima TV Berwarna
3. Menjawab dengan benar soal-soal tes formatif
b. Uraian Materi
1. DIAGRAM BLOK PENERIMA TV

Gambar 1. Diagram Blok Penerima TV Hitam Putih
![]() |
Gambar 2. Diagram Blok Penerima TV Berwarna
Sebelum kita mempelajari prinsip kerja penerima TV, ada baiknya mengetahui sedikit tentang perjalanan objek gambar yang biasa kita lihat dilayar TV. Gambar yang kita lihat adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Objek gambar yang ditangkap lensa kamera akan dipisahkan menjadi 3 warna primer yaitu merah (Red), hijau (Green) dan biru (Blue). Hasil tersebut akan dipancarkan oleh pemancar TV(Transmitter) berupa sinyal cromynance, sinyal luminance dan syncronisasi.
Selain gambar, pemancar televisi juga membawa sinyal suara yang ditransmisikan bersama sinyal gambar. Gambar dipancarkan dengan system amplitudo modulasi (AM), sedangkan suara dengan system frekuensi modulasi (FM). Kedua system ini digunakan untuk menghindari derau (noise) dan interferensi.
![]() |
Gambar 3. Distribusi Objek Ke Televisi
2. SALURAN DAN STANDAR PEMANCAR TV
Kelompok frekuensi yang ditetapkan untuk transmisi sinyal disebut saluran (channel). Masing-masing mempunyai sebuah saluran 6 MHz dalam salah satu bidang frekuensi (band) yang dialokasikan untuk penyiaran TV komersial yaitu:
a) VHF bidang frekuensi rendah saluran 2 sampai 6 (54 – 88 MHz).
b) VHF bidang frekuensi tinggi saluran 7 sampai 13 (174 – 216 MHz).
c) UHF saluran 14 sampai 83 (470 – 890 MHz)
Ada 3 sistem pemancar TV yaitu sebagai berikut:
a) National Television System Committee (NTSC) digunakan USA
b) Phases Alternating Line (PAL) digunakan Inggris
c) Sequential Couleur a’Memorie (SECAM) digunakan Prancis
Sedangkan Indonesia sendiri menggunakan system PAL B. Hal yang membedakan system tersebut adalah format gambar, jarak frekuensi pembawa gambar dan pembawa suara.
3. PRINSIP KERJA PENERIMA TV
![]() |
Gambar 4. Blok Rangkaian TV
Model dan jenisnya blok rangkaian TV bermacam-macam, tergantung pada merek TV yang digunakan.
Secara garis besar blok tersebut memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
a) Antena Televisi
Antena TV menangkap sinyal-sinyal RF dari pemancar televisi. Antena diklasifikasikan berdasarkan konstruksinya ada 3 yaitu:
1) Antena Yagi
2) Antena Perioda Logaritmis
3) Antena Lup
Klasifikasi lain berdasarkan jalur frekuensi gelombang yang diterima adalah:
1) Kanal VHF Rendah
2) Kanal VHF Tinggi
3) Kanal UHF
![]() | ![]() | ||||
![]() |
(a)Antena VHF Rendah (b) Antena VHF Tinggi (c) Antena UHF
Gambar 5. Antena Yagi
![]() | |||
![]() | |||
Gambar 6. Antena Perioda Logaritmis Gambar 7. Antena Lup (Loop)
b) Rangkaian Penala (Tuner)
Rangkaian ini terdiri dari penguat frekuensi tinggi (penguat HF), pencampur (Mixer) dan osilator local. Rangkaian penala berfungsi untuk menerima sinyal TV yang masuk dan mengubahnya menjadi sinyal frekuensi IF.
![]() |
Gambar 8. Tuner
c) Rangkaian Penguat IF (Intermediate Frequency)
Rangkaian ini berfungsi sebagai penguat sinyal hingga 1000 kali. Sinyal ouput yang dihasilkan penala (Tuner) merupakan sinyal yang lemah dan sangat tergantung pada jarak pemancar, posisi penerima dan bentangan alam. Lingkaran merah menunjukkan rangkaian IF yang sebagian berada didalam tuner.
![]() |
Gambar 9. Penguat IF
d) Rangkaian Detektor Video
Berfungsi sebagai pendeteksi sinyal video komposit yang keluar dari penguat IF gambar. Selain itu juga berfungsi untuk meredam sinyal suara yang akan mengakibatkan buruknya kualitas gambar
e) Rangkaian Penguat Video
Rangkaian ini berfungsi sebagai penguat sinyal luminan yangberasal dari detector video sehingga dapat menjalankan tabung gambar atau CRT (Catode Ray Tube)
f) Rangkaian AGC (Automatic Gain Control)
Rangkaian AGC berfungsi menstabilkan sendiri input sinyal televisi yang berubah-ubah sehingga output yang dihasilkan menjadi konstan. Lingkaran merah menunjukkan komponen AGC yang berada didalam sebagian IC dan sebagian tuner
![]() |
Gambar 10. Rangkaian AGC
g) Rangkaian Penstabil Penerima Gelombang TV.
Rangkaian penstabil penerima gelombang TV diantaranya adalah AGC dan AFT. Automatic Fine Tuning berfungsi mengatur frekuensi pembawa gambar dari penguat IF secara otomatis
h) Rangkaian Defleksi Sinkronisasi
Rangkaian ini terdiri dari empat blok yaitu: rangkaian sinkronisasi, rangkaian defleksi vertical, rangkaian defleksi horizontal dan rangkaian pembangkit tegangan tinggi.

Gambar 11. Rangkaian Defleksi Vertical
![]() |
Gambar 12. Rangkaian Defleksi Horizontal
i) Rangkaian Suara
Suara yang kita dengar adalah hasil kerja dari rangkaian ini, sinyal pembawa IF suara akan dideteksi oleh modulator frekuensi (FM). Sebelumnya, sinyal ini dipisahkan dari sinyal pembawa gambar
![]() |
Gambar 13. Rangkaian Suara
j) Rangkaian Catu Daya (Power Supply)
Berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC yang selanjutnya didistribusikan ke seluruh rangkaian.
Pada gambar, rangkaian catu daya dibatasi oleh garis putih dan kotak merah. Daerah di dalam garis putih adalah rangkaian input yang merupakan daerah tegangan tinggi (Live Area). Sementara itu, daerah dalam kotak merah adalah output catu daya yang selanjutnya mendistribusikan tegangan DC ke seluruh rangkaian TV
![]() |
Gambar 14.Rangkaian Catu Daya
Gambar 15. Skema Rangkaian Catu Daya
k) Penguat Krominan
Penguat ini menguatkan frekuensi 4,43 MHz untuk sinyal krominan yang termodulasi dalam sinyal V (sinyal R-Y) dan sinyal U (sinyal B-Y). Lebar jalur penguat 2 MHz
l) Sinkronisasi Warna
Didalam rangkaian sincronisasi warna, sinyal burst sinkronisasi warna dikeluarkan dari sinyal video warna komposit
m) Automatic Color Control (ACC)
Jika amplitudo sinyal ledakan naik, maka ACC mengeluarkan suatu tegangan kemudi yang memperkecil penguatan didalam bagian warna
n) Color Killer (Pemati Warna)
Rangkaian ini berguna untuk menindas penguat warna, apabila sedang tak ada sinyal krominan masuk. Ini terjadi pada waktu penerimaan sinyal hitam-putih
o) Rangkaian Switching Fasa 180 (Pembelah Warna)
Dari penguat krominan, sinyal diumpankan ke colour. Splitter (pembelah warna). Pembelah warna ini memisahkan sinyal yang termodulasi dengan sinyal V dari sinyal yang termodulasi dengan sinyal U. Pembelah warna terdiri dari saklar PAL dan beberapa resistor. Pada akhir setiap garis, selama ditariknya garis PAL maka sinyal V diputar 180 . Sinyal U tidak mengalami putaran fasa
p) Demodulasi Warna
Dengan mempergunakan demodulator warna, maka sinyal-sinyal perbedaan warna di demodulasikan dari sinyal U dan V. Karena pada pemancar, sinyal-sinyal itu dimodulasikan dengan system pembawa suppressed/dihilangkan dan hanya kedua sub pembawa jalur samping (side band sub carier) yang ada. Agar dapat mendemodulasikannya menjadi sinyal pembawa warna yang asli kembali, maka diperlukan sub pembawa 4,43 MHz dengan fasa dan frekuensi yang tepat sama seperti pada pemancar
c. Rangkuman
1. Catu Daya memberikan tegangannya keseluruh bagian penguat
2. Tuner menerima sinyal dari antenna dan memperkuat serta mengubah frekuensi yang diterima menjadi sinyal IF (33,4 MHz dan 38,9 MHz). Sinyal sub pembawa masih dibawa oleh sinyal IF Video
3. Penguat IF dan detector berturut-turut memperkuat sinyal IF dan mendeteksi sinyal videonya. Sinyal IF suara dihasilkan pula pada detector ini setelah sinyal IF 33,4 MHz dan 38,9 MHz dicampur pada detector video
4. Sinyal IF suara diperkuat oleh penguat IF suara dan dideteksi oleh detector FM
5. Penguat audio memperkuat sinyal audio dari hasil detector FM. Kemudian sinyal audio diubah menjadi suara oleh loudspeaker
6. Rangkaian AGC mengatur penguatan penguat RF dan IF vidio, agar output sinyal vidio tetap amplitudonya
7. Sinyal vidio hasil deteksi diperkuat dan dimasukan ke katoda CRT
8. Sebahagian sinyal video dipisahkan pulsa sinkronisasinya
9. Pulsa sinkronisasi horisoltal diberikan ke osilator horizontal melalui AFC
10. Pulsa sinkronisasi vertical memicu osilator vertical agar sinkron
11. Sinyal pembelok vertical dan horizontal masuk ke kumparan defleksi dan juga kumparan konvergensi
12. Sinyal sub pembawa melalui penguat band pass diambilkan dari penguat video
13. Setelah proses demodulasi kroma oleh rangkaian kroma di peroleh sinyal (B – Y) dan (R –Y)
14. Dalam rangkaian matrik dihasilkan sinyal (G – Y) dari sinyal B – Y ) dan (R – Y)
15. Sinyal Y pada katoda CRT dan sinyal (R – Y) , (G – Y) dan (B - Y) menghasilkan pengaruh berkas electron antara katoda dan grid sesuai dengan sinyal R,G dan B
d. Tugas
Buatlah gambar diagram blok penerima TV berwarna dan TV hitam-putih pada kertas karton ukuran Ao
e. Test Formatif
1. Sebutkan diagram blok penerima TV hitam-putih!
2. Tuliskan 3 (tiga ) fungsi utama penerima TV!
3. Jelaskan 3 (tiga) sistim yang digunakan dalam pengiriman sinyal
4. Sebutkan 3 (tiga) sinyal selisih warna yang anda ketahui
5. Terangkan perbedaan antara sinyal V dan sinyal U
6. Sinyal kominansi dibentuk oleh sinyal warna menurut persamaan……………
7. Pemancar memancarkan sinyal-sinyal: (a )….( b )….( c )
8. Sinyal ( G – Y ) dijabarkan sendiri oleh penerima output dari sinyal Y, (R – Y ) dalam suatu rangkaian……..
9. Sinyal V dan sinyal U dimodulasikan pada gelombang pembawa yang berfrekuensi ……………………
10. Osilator vertical membangkitkan frekuensi ……………. Dan osilator horizontal menghasilkan frekuensi …………….
f. Kunci Jawaban
1. Diagram blok penerima TV hitam putih adalah
a) Antena TV
b) Penala (Tuner)
c) VIF Amplifier
d) Detector Video
e) Penguat Video
f) AFT & AGC
g) Pemisah Sinkronisasi
h) Defleksi Vertikal & Defleksi Horisontal
i) Penyearah Tegangan Tinggi
j) SIF Amplifier Detector FM
k) Penguat Suara
l) Catu Daya
2. 3 (tiga) fungsi utama penerima TV:
a) Menguatkan sinyal pembawa suara, mendeteksi sinyal tersebut dan kemudi mengumpankannya ke penguat suara
b) Menguatkan sinyal pembawa gambar, mendeteksi sinyal ini dan memberikannya pada tabung gambar
c) Membangkitkan arus bentuk gigi gergaji guna membelokkan berkas electron didalam tabung gambar dan menghasilkan tegangan ekstra tinggi
3. 3 (tiga) sistim yang digunakan dalam pengiriman sinyal adalah
a) Sistem NTSC
b) Sistem PAL
c) Sistem SECAM
4. 3 (tiga) sinyal selisih warna yang anda ketahui adalah
a) Sinyal selisih merah (R – Y)
b) Sinyal selisih biru (G – Y)
c) Sinyal selisih hijau (R – Y)
5. Perbedaan antara sinyal V dan sinyal U adalah
a) Sinyal V adalah sinyal selisih merah yang sudah dilemahkan atau dirumuskan V = 0,877 (R – Y)
b) Sinyal U adalah sinyal selisih biru yang sudah dilemahkan atau dirumuskan U = 0,493 (R – Y)
6. Sinyal kominansi dibentuk oleh sinyal warna menurut persamaan Y = 0,3 M + 0,59 H + 0,11 B
7. Pemancar memancarkan sinyal-sinyal:
a) Sinyal luminan (Y)
b) Sinyal selisih merah (R –Y)
c) Sinyal selisih biru (B – Y)
8. Sinyal ( G – Y ) dijabarkan sendiri oleh penerima output dari sinyal Y, (R – Y ) dalam suatu rangkaian Matrik
9. Sinyal V dan sinyal U dimodulasikan pada gelombang pembawa yang berfrekuensi 4,43 MHz
10. Osilator vertical membangkitkan frekuensi 50 Hz. Dan osilator horizontal menghasilkan frekuensi 15.625 Hz
10.
g. Lembar Kerja
Sumber Catu AC dan DC TV Hitam-Putih
1. Tujuan
Untuk mengetahui tegangan jala-jala dan tegangan DC
2. Alat dan Bahan
a) Multitester
b) TV Trainer BW (TV-HT-IB 3611)
c) Pattern Generator
3. Teori Singkat
Rangkaian sumber catu yang terlihat pada gambar 16. ialah sumber catu AC dengan input jala-jala 110/ 220 V AC yang menghasilkan ouput 13,8 V AC. Tegangan ini disearahkan oleh penyearah dioda, sehingga tegangannya menjadi 14,1 V DC

Gambar 16. Catu Daya AC dan DC Non Regulator
4. Langkah Kerja
a) Hubungkan Pattern Generator ke terminal antenna TV
b) Hidupkan berturut-turut TV dan Pattern Generator untuk mendapatkan gambar vertical bar
c) Carilah trafo T 901, ukur tegangan input dan outputnya:
c)TP 56 & TP 57 (AC input) : …………… V AC
c)TP 51 & TP 52 (AC output) : …………. V AC
d) Cari dioda CR 901, 902, 903, 904 dan ukur tegangannya:
d)CR 901 (TP 44 & TP 52) : ……………… V DC
d)CR 902 (TP 52 & TP 53) : ……………… V DC
d)CR 903 (TP 44 & TP 51) : ……………… V DC
d)CR 901 (TP 51 & TP 53) : ……………… V DC
e) Ukur pula tegangan antara kutub katoda CR 902 (TP 53) terhadap ground (TP 44)
f) Selesai praktek bersihkan dan kembalikan peralatan pada tempat semula
g) Buat laporan hasil praktek dan kumpulkan pada instruktur/guru pembimbing
g)
Kegiatan Belajar 2: Mengamati Gejala Kerusakan TV
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar 2, diharapkan peserta diklat dapat:
1. Menyebutkan gejala-gejala kerusakan pada masing-masing blok penerima TV
2. Memperbaiki kerusakan yang ada pada pesawat TV
3. Menjawab dengan benar soal-soal test formatif
b. Uraian Materi
MENGAMATI GEJALA-GEJALA KERUSAKAN
Memperbaiki TV hendaklah dilakukan dengan hati-hati dan teliti karena dapat berakibat fatal. Televisi adalah pesawat elektronik yang memilki tegangan listrik tinggi. Disamping itu, dari semua kerusakan belum tentu disebabkan oleh komponen yang rusak. Adakalanya rusak karena solderan timah yang kurang baik sehingga kaki-kaki komponen tidak tersambung sempurna ke PCB. Gejala dan penyebab kerusakan TV bermacam-macam. Gejala yang timbul dapat berupa mati total, tidak ada suara atau gambar yang dihasilkan jelek. Sementara itu, kerusakan TV dapat pula disebabkan oleh komponen yang sudah dimakan atau hubungan antar komponen yang kurang sempurna
1. TIDAK ADA GAMBAR DAN SUARA
a)
Mati Total

a)
a)
a)
a)
a)
Gambar 17. TV Mati Total
Ada beberapa kerusakan yang bisa mengakibatkan pesawat TV tidak dapat bekerja sama sekali. Pada umumnya kerusakan semacam ini terjadi pada bagian catu daya (Power Supply) atau rangkaian defleksi horizontal
1) Apakah TV mati total dan lampu indicator padam?
Penyebab: kemungkinan besar kerusakan pada rangkaian catu daya
Pemecahan: periksa jala-jala listrik, rangkaian regulator input sampai output
Perhatikan gambar skema rangkaian regulator berikut. Pada umumnya catu daya TV mempunyai output tegangan sebesar 115 V, 24 V dan 5 V, tergantung merek TV- nya. Ganti komponen yang rusak dan perbaiki jalur rangkaian yang kurang sempurna. Tanda panah menandakan komponen yang mudah rusak
![]() |
Gambar 18. Catu Daya
2) Apakah terdengar suara derit getaran trafo switching ?
Penyebab: biasanya tegangan output tersumbat karena ada komponen yang rusak.
Pemecahan:
Lepaskan beban dari output regulator dengan cara melepas kaki basis transistor horizontal atau salah satu kaki trafo horizontal dan ukur tegangan outputnya. Jika ouput regulator menunjukkan tegangan yang sesuai dengan petunjuk yang ada di PCB, periksa seluruh jalur distribusi tegangan dari output regulator dan seluruh rangkaian horizontal.
![]() |
Gambar 19. Mengukur Output Regulator
Perhatikan gambar skema rangkaian horizontal berikut. Pada umumnya komponen yang biasa mudah rusak adalah trafo flyback, transistor horizontal dan kapasitor (lihat tanda panah).

Gambar 20. Rangkaian Defleksi Horisontal
3)
Apakah lampu indicator menyala tetapi gambar dan suara tidak muncul?

3)
3)
3)
Gambar 21. TV Mati, Lampu Indicator ON
Penyebab: kemungkinan kerusakan pada rangkaian horizontal atau regulator. Tegangan yang dihasilkan oleh regulator biasanya terhambat karena dioda pembatas tegangan rusak. Tidak semua merek TV memiliki dioda ini. Dioda yang digunakan biasanya mempunyai nomor seri R2M dan R2KY.
Pemecahan: pada beberapa TV biasanya ada 2 warna cahaya lampu indicator. Saat TV dinyalakan indicator merah, selang beberapa detik berubah menjadi hijau atau mati dan tayangan TV dapat dinikmati. Apabila indicator tetap warnanya atau berubah tetapi hanya sekejap berarti terjadi proteksi.
Periksa tegangan output dari regulator sampai ke beban. Jika tegangan ini tidak normal berarti rangkaian regulator terganggu atau ada komponen yang rusak dan perlu diganti.
b) Tidak Ada Raster Tetapi Suara Baik
b)
![]() |
Gambar 22. Raster Tidak Ada Tapi Suara Baik
![]() |
Gambar 23. Daerah Rangkaian Tegangan Tinggi
Penyebab: rangkaian penguat video, pembatas tegangan tinggi atau CRT rusak.
Pemecahan:
Apakah tegangan tinggi yang terhubung ke CRT normal ? Jika normal, periksa tegangan tinggi katoda CRT. Jika tegangan yang diukur tidak ada, periksalah rangkaian tegangan tinggi.
Apakah tegangan tinggi ke katoda CRT normal ? Jika normal, periksa rangkaian penguat video.
Apabila semua normal, periksa rangkaian CRT. Kerusakan yang sering terjadi adalah filamennya putus sehingga CRT tidak memancarkan cahaya.
![]() |
Gambar 24. Tabung Gambar (CRT)
c) Gambar Gelap

Gambar 25. Layar Gambar Gelap
Penyebab:
Tegangan anoda CRT terlalu rendah akibat adanya kerusakan pada rangkaian tegangan tinggi, rangkaian defleksi horizontal atau rangkaian catu daya.
Tegangan semua katoda CRT menjadi besar karena gangguan pada penguat video.
Pemecahan:
Apakah tegangan regulator output normal ? Jika normal, periksa tegangan katoda CRT. Jika tidak normal, periksa tegangan output regulator.
Apakah tegangan katoda CRT normal ? Jika normal, periksa tegangan anoda CRT. Jika tidak normal, periksa rangkaian tegangan tinggi.
d) Raster Satu Garis Horizontal
d)
d)
d)
d)
d)
d)
d)
d)
d)
d)
d)
d)

Penyebab:
Sumber gangguan tergantung pada osilator yang digunakan TV.

Periksa rangkaian defleksi vertikal
Periksa seluruh elektroda IC atau transistor dengan multitester.
Gambar 27. IC dan Transistor Yang Mudah Rusak
2. SINKRONISASI JELEK
a) Sinkronisasi Horizontal Jelek

Gambar 28. Sinkronisasi Horizontal Jelek
Penyebab:
Kerusakan semacam ini jarang dijumpai pada TV keluaran baru. Jika sampai terjadi kerusakan, biasanya disebabkan oleh komponen yang sudah termakan umur.
Pemecahan:
Periksa rangkaian osilator horizontal. Kemungkinan ada elko yang sudah kering. Biasanya ditunjukkan oleh punggung elko yang terlihat kusam atau pecah.
b)
Sebagian Gambar Tergeser Horizontal

b)
b)
b)
b)
b)
b)
Gambar 29. Sebagian Gambar Tergeser Horizontal
Penyebab:
Sinyal video yang dihasilkan tercampur dengan input sinyal sinkronisasi pada rangkaian AFC.
Pemecahan:
Periksa elko yang kering atau dioda yang bocor pada bagian rangkaian sinkronisasi, rangkaian buffer video dan AGC.

Gambar 30. Sebagian Gambar Tergeser Vertical
c) Sinkronisasi Vertikal Jelek
Penyebab:
Kerusakan terletak pada rangkaian integrator atau pada rangkaian osilator vertical. Kerusakan semacam ini biasanya sering terjadi pada TV keluaran lama.
Pemecahan:

Gambar 31. Sinkronisasi Vertical Jelek
d) Sinkronisasi Vertical dan Horizontal Jelek
Penyebab:
Kebanyakan kerusakan terjadi pada pemisah sinyal sinkronisasi dan pada rangkaian penguat sinyal sinkronisasi, atau kadang-kadang terjadi pada rangkaian AGC dan rangkaian penghapus noise (noise canceler).
Pemecahan:
Apakah sinkronisasi vertical dan horizontal lemah?
Jika ya, periksa rangkaian pemisah sinyal sinkrosasi.
Jika rangkaian pemisah sinyal sinkronisasi normal, periksa bagian penguat sinyal sinkronisasi.
Jika bagian penguat sinyal sinkronisasi normal, periksa rangkaian AGC dan rangkaian penghapus noise.
3. Cacat (Distorsi) Pola Raster
a) Gambar Sempit
![]() |
Gambar 32. Gambar Layar Menyempit
Penyebab:
Kerusakan seperti ini jarang sekali terjadi pada TV keluaran baru. Tegangan output horizontal lebih rendah sehingga rangkaian arus gigi gergaji pada kumparan defleksi horizontal (yoke) bertambah lemah.
Pemecahan:
Periksa tegangan output catu daya. Jika tegangan outputnya lebih rendah, periksa komponen-komponennya.
Periksa rangkaian defleksi horizontal terutama transistor yang ada di dalamnya.
Periksa kondisi yoke, jika rusak atau terbakar harus diganti

Gambar 33.Transistor Defleksi Horizontal
b) Pelebaran Horizontal
Penyebab:
Kerusakan semacam ini disebabkan oleh Vr yang rusak.
Pemecahan:
Periksa komponen-komponennya.
Jika tegangan catu daya normal, periksa tegangan anoda CRT
Jika tegangan anoda CRT terlalu rendah, periksa rangkaian Ubah nilai VR, jika tidak ada perubahan ganti VR tersebut.
Periksa tegangan output catu daya. Jika tegangan outputnya lebih besar penguat tegangan tinggi.
![]() |
Gambar 34. Horizontal Melebar
c) Pemendekan Tinggi Gambar
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar